Kumpulan fakta menarik dan unik!

Powered by Blogger.

10 fakta kaffein yang perlu kalian ketahui

Kafein yang terkandung dalam kopi merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari jutaan orang di seluruh penjuru dunia. Mayoritas masyarakat dunia mengonsumsi kafein hampir setiap hari. Banyak diantara kita beranggapan bahwa kafein adalah obat yang membantu kita tetap terjaga dan fokus.



Berikut 10 fakta menarik yang perlu diketahui tengan kafein.
1. Satu cangkir espresso mengandung kafein 1/3 lebih rendah dari setetes kopi kental. Diperoleh dengan cara melarutkan biji kopi ke dalam air panas bersuhu tinggi.
2. Kafein tergolong diuretik, yakni obat yang merangsang kerja ginjal untuk mengekskresikan urin lebih banyak, sehingga menyebabkan tubuh kehilangan cairan melalui buang air kecil, dan bisa menyebabkan dehidrasi.
3. Anda akan bisa merasakan efek dari kafein selang waktu 10 menit, dimana konsentrasi kafein dalam darah mencapai setengah konsentrasi maksimum. Efek maksimal penggunaan kafein dapat dirasakan setelah lewat 45 menit.
4. Dosis mematikan kopi untuk orang dewasa adalah 100 cangkir (dalam empat jam).
5. Kopi yang dipanggang hingga berwarna gelap memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan hasil panggangan yang lebih terang.
6. Kopi dihasilkan dari biji tanaman yang buahnya mirip buah ceri. Rasa buahnya manis,layaknya kombinasi antara semangka, air mawar, dan kembang sepatu.
7. Beberapa jenis teh hitam dan teh hijau juga mengandung kafein yang sama banyaknya dengan secangkir espresso, meski memiliki efek yang berbeda.
8. Kandungan kafein dari kopi instan berbanding setengah dari kopi tubruk tradisional. Diperoleh dengan cara menyeduh biji kopi mentah, dan kemudian mengeluarkan cairan melalui pengeringan beku.
9. Minuman espresso/ kopi dingin cenderung memiliki lebih sedikit kafein dan gula lebih banyak dibandingkan dengan jenis minuman sejenis yang dihidangkan dalam keadaan panas. Segelas Vanilla Latte mengandung 200 kalori, 27 gram gula, dan sekitar 75 mg kafein. Segelas Caffè Vanilla Frappuccino, mengandung 300 kalori, 48 gram gula, dan hanya 65 mg kafein.
10. Minuman energi biasanya mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan kopi. Misalnya, satu gelas Red Bull mengandung 80 mg kafein sementara segelas kopi Starbucks mengandung 260 mg. (epochtimes/karen chen/mya/yant)

Tag : Fakta unik
1 Komentar untuk "10 fakta kaffein yang perlu kalian ketahui"

ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
Untuk info lebih lanjut Add bbm kami *58ab14f5*

Terimakasih telah membaca di Blog saya, Silahkan tinggalkan komentar

Popular Posts

Back To Top